Nasi goreng jadi masakan terenak di dunia, ini bedanya dengan nasi goreng di negara lain - Wawker.com | Berita - Hiburan - Video - Misteri - Konspirasi - Unik - Aneh - Kocak
Loading...

Nasi goreng jadi masakan terenak di dunia, ini bedanya dengan nasi goreng di negara lain

Loading...
Nasi goreng khas Indonesia pernah masuk dalam 50 makanan terenak di dunia versi CNN. Makanan ini tentu sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Namun, ternyata bukan hanya Indonesia yang punya nasi goreng. "Nasi goreng Indonesia termasuk yang paling lezat karena memang kompleks bumbunya. (Bumbunya) harus dibuat dulu terpisah," ujar Stefu selaku Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Senin (31/7/2017).


Stefu mengungkapkan, di Asia terdapat lima negara yang memiliki hidangan nasi goreng.

Berikut daftarnya.

1. Jepang
Jepang memiliki nasi goreng dengan komposisi yang sangat sederhana. Bumbunya hanya bawang putih dan kecap khas Jepang, atau yang dikenal sebagai kikkoman sauce. Untuk tambahan, umumnya nasi goreng khas Jepang menggunakan daun bawang dan wortel.

"Sedangkan berasnya pulen, seperti yang digunakan saat untuk sushi," ujar chef Stefu.


2. Thailand
Ciri nasi goreng khas Thailand ialah penggunaan bubuk kari sebagai bumbu utamanya. Bubuk kari tersebut dicapur kecap ikan dan nanas manis pada saat nasi digoreng. Menghasilkan rasa gurih sekaligus manis, juga warna yang kekuningan dari nanas matangnya.

Sedangkan beras yang digunakan ialah beras berbulir panjang, seperti beras basmanti pada nasi kebuli.


3. China
Nasi goreng ala China menggunakan banyak bawang, garam, gula, dan penyedap rasa. Selain itu, nasi goreng lazim dilengkapi dengan potongan jamur, udang, ayam, atau ikan. Tidak lupa kacang polong dimasukan pada akhir proses memasak. Warna nasinya putih kusam, karena tidak menggunakan bumbu dengan warna mencolok.


4. Hongkong
Komposisi nasi goreng khas Hongkong hampir sama dengan di China. Namun sayuran pendampingnya lebih familiar menggunakan selada. "Nasi goreng di China dan Hongkong basic-nya sama, Yangzhou Fried Rice. Cuman pelengkapnya saja beda," ungkap Stefu.



5. Indonesia
Nasi goreng Indonesia memiliki ciri khas, yaitu harus membuat pasta bumbu dulu secara terpisah sebelum mencampurkannya dengan nasi. Setelah bumbu masuk, ada bahan pendamping lagi. Seperti telur orak-arik, suwiran daging ayam, dan daun bawang.

Berasnya sendiri berbeda, karena menggunakan beras pera agar tekstur nasi goreng lebih kering. "Bumbunya lazim pake aneka rempah seperti bawang, merica, ketumbar, cabai, dan lainnya," tutup Chef Stefu.
tribunnews
Loading...

Kesehatan dan Bisnis

Loading...