Masih Pakai Rotator dan Sirene Sembarangan? Siap-siap Dipenjara - Wawker.com | Berita - Hiburan - Video - Misteri - Konspirasi - Unik - Aneh - Kocak
Loading...

Masih Pakai Rotator dan Sirene Sembarangan? Siap-siap Dipenjara

Loading...
Baru-baru ini, ada kasus yang bisa kita jadiin pelajaran banget nih dalam berkendara di jalan raya, tentang nggak ada faedahnya paki rotator dan sirine ilegal di kendaraan kita.


Seperti informasi yang HAI sadur dari Kompas.com, penggunaan sirene dan lampu isyarat berwarna berkelip yang menyalahi aturan ( rotator/strobo), karena sangat mengganggu kenyamanan di jalan. Lebih lagi ketika penggunananya berlaku agresif dan mengintimidasi pengguna jalan lain.

Bahkan di beberapa momen hampir terjadi gesekan dan konflik antar masyarakat di jalan. Salah satu contoh kasusnya seperti yang baru-baru ini menimpa Raka Fadliansyah Catigliano, yang postinganya diunggah akun Instagam @Indoricer.

Pihak Korlantan Polri sebebelumnya pernah melakukan razia di November 2016 lalu, dan menindak mobil pribadi yang menggunakan dua aksesori “khusus” tersebut. Namun, nampaknya nggak membuat jera mereka yang nakal.

Untuk mengganjar si pemilik kendaraan yang nakal dan tertangkap menggunakan strobo dan sirine, sesuai Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 287 ayat 4, bukan hanya bisa ditilang tetapi juga dipenjara selama satu bulan.

Berikut bunyi lengkap pasalnya.

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar ketentuan, mengenai penggunaan atau hak utama bagi kendaraan bermotor yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, Pasal 106 ayat (4) huruf f, atau Pasal 134 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan, atau denda paling banyak Rp 250.000.”
hai
Loading...

Kesehatan dan Bisnis

Loading...