Loading...

Beginilah sosok Novanto sewaktu muda saat dinobatkan sebagai pria tertampan di Surabaya

Tanggal Update

Selanjutnya Next Post
Sebelumnya Previous Post
Loading...
Mulai ditetapkan dirinya tersangka oleh KPK, menang di praperadilan, kembali ditetapkan sebagai tersangka, menghilang, dan termutakhir kecelakaan menabrak tiang listrik. Dan Jumat (17/11/2017), KPK resmi menahan Setnov, meski menjalani pembantaran. 



Menengok ke belakang, perjalanan hidup Novanto pun tak kalah menarik.

Ia memulai kariernya benar-benar dari bawah hingga akhirnya menjadi kaya raya. Novanto lahir pada 12 November 1955 di Bandung, Jawa Barat dari pasangan Sewondo Mangunratsongko dan Julia Maria Sulastri.

Saat kuliah di Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Novanto memiliki banyak pekerjaan selama bermukim di kota tersebut. Sebab, Novanto tidak terlahir di tengah keluarga yang kaya.

Awalnya ia sempat berjualan beras dan madu. Saat itu ia hanya memiliki modal Rp 82.500. Novanto memulai usahanya dengan mengambil tiga kuintal beras yang langsung diambil dari pusatnya di Lamongan.

Namun usaha tersebut tak bertahan. Ia meninggalkan bisnis beras karena berbagai alasan. Kemudian dia menekuni profesi sebagai salesman Suzuki untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Bakat marketing Novanto ternyata lumayan juga. Penjualannya meroket sehingga pada umur 22 tahun sudah diangkat menjadi Kepala Penjualan Mobil untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Novanto juga pernah menjadi sopir. Ia menyopiri keluarga politikus, Hayono Isman, teman sekelas Novanto di SMA Negeri 9 Jakarta.

Namun kini Novanto telah menjelma menjadi politikus kaya raya, ditaksir nilai kekayaannya mencapai Rp114 miliar (laporan KPK).

Setya pun pernah menjadi model, dan terpilih jadi pria tampan Surabaya (1975).


Di masa-masa ini, Setya Novanto dikenal sebagai orang yang ulet dan banyak sahabat. ( tribunnews.com )
Jelajah Artikel Lainnya
Loading...