Loading...

Dunia Sains geger, pekerja bangunan temukan fosil telur dinosaurus saat gali tanah

Tanggal Update

Selanjutnya Next Post
Sebelumnya Previous Post
Loading...
Petugas dan para tukang bangunan ini kaget ketika menemukan 30 buah telur dinosaurus berusia ratusan tahun. Dilansir dari Mirror (30/12/2017), puluhan telur dinosaurus ditemukan oleh para pekerja bangunan saat mereka hendak membangun pondasi untuk sebuah bangunan sekolah baru di China.



Daerah tersebut memang dikenal sebagai 'daerah dinosaurus' karena sering ditemukan fosil berupa tulang atau getah dari masa dinosaurus.  Telur-telur itu ditemukan di daearah kota Guangzou, provinsi Jiangxi.

Daerah tersebut dinyatakan sebagai daerah paling sering ditemukan fosil dinosaurus di dunia menurut Nature.com.  Mulanya seorang pekerja merasa ada yang aneh ketika ia menggali tanah.  Ia melihat sesuatu yang menyerupai batu berwarna hitam dengan permukaan yang tebal.

Pekerja curiga hal yang mereka temukan itu adalah telur dinosaurus karena bentuknya tidak seperti batu pada umumnya.  Karena ragu, akhirnya mereka melapor ke polisi setempat.  Polisi juga akhirnya menginformasikan hal ini kepada pihak museum.

Dan benar saja, benda tersebut ternyata benar-benar telur dinosaurus yang sudah menjadi fosil.  Telur-telur dinosaurus itu berasal dari periode cretaceous.  Periode cretaceous bermula 145 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 66 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus yang hidup pada periode itu diantaranya adalah tyrannosaurus-rex atau T-rex, velociraptor, dan triceratops.

Periode tersebut kemudian diikuti oleh periode Paleogene.

Telur-telur tersebut beruntung karena dapat bertahan dari ledakan yang disebabkan dari detonator yang dipasang pekerja untuk meruntuhkan bangunan lama.

Fosil telur dinosaurus tersebut kemudian dibawa ke Dayu County Museum untuk disimpan dan diteliti lebih lanjut. (tribunnews.com)
Jelajah Artikel Lainnya
Loading...