Loading...

Jangan kagum dulu lihat bocah pake mobil mahal, ternyata gak sanggup pajak ! sebanyak 1.293 mobil mewah di Jakarta nunggak pajak senilai 45 miliar

iklan 360 disini
Selanjutnya Next Post
Sebelumnya Previous Post
Loading...
Pemerintah provinsi DKI Jakarta merilis daftar mobil yang diketahui menunggak pajak kendaraan bermotor (PKB). Dari 1.052.000 kendaraan bermotor yang menunggak pajak, tercatat 1.293 diantaranya adalah mobil mewah.


Total pajak yang ditunggak sebesar Rp44,9 miliar (dibulatkan menjadi Rp45 miliar).

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, ada 2,93 juta kendaraan roda empat yang diketahui memiliki plat B (Jakarta). Dari jumlah tersebut, ada 1,052 juta mobil yang diketahui belum membayar PKB.

Yang cukup mengejutkan, dari jutaan mobil yang menunggah, 1.293 termasuk dalam kategori mobil mewah. Besar nilai tunggakannya mencapai sekitar Rp44,9 miliar. Rinciannya, 744 mobil mewah atas nama pribadi dengan total tunggakan Rp26,1 miliar dan 549 mobil dengan nama badan sebesar Rp18,8 miliar.

Dilansir dari beritajakarta.id, Senin 15 Januari 2018, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan salah satu prioritas pemerintah provinsi adalah memastikan penerimaan pajak dan retribusi optimal. Mereka akan bekerja keras untuk mengejar penunggak pajak agar membayar pajak.

“ Kami akan kejar, kami minta semua menunaikan kewajiban bayar pajak. Jalan dipakai, fasilitas digunakan, udara juga terdampak, tapi tanggung jawab bayar pajak belum diselesaikan,” kata dia.

Anies mengaku miris melihat pemilik mobil mewah yang belum menunaikan kewajiban pajaknya.

“ Saya merasa miris melihat kendaraan-kendaraan semewah ini, sementara pajaknya belum dilunasi. Mudah-mudahan dengan diumumkan, ada rasa tanggung jawab bias segera tuntas,” kata dia.

Anies mengatakan pihaknya merilis semua nomor polisi (nopol) dan jenis mobil mewah penunggak pajak di situs resmi pemerintah provinsi DKI Jakarta. Tunggakan pajak masing-masing mobil mewah itu bervariasi, mulai dari 1 tahun sampai dengan 4 tahun. Ditegaskan detail nopol dan jenis mobil mewah penunggak pajak itu sah untuk dirilis.

“ Sekarang kami melakukan itu. Nanti kami melihat responsnya bagaimana. Kalau belum, kami akan memberikan sanksi sosial yang lebih besar,” kata dia.

Sementara pada Minggu, 14 Januari 2018, Anies kembali mengimbau pemilik mobil mewah agar segera membayar tunggakan PKB.

" Kita umumkan Jumat kemarin agar Senin bisa segera dibayarkan. Malu kalau mobilnya mewah tapi tidak bayar pajak," katanya. ( dream.co.id )
Jelajah Artikel Lainnya
Loading...