Loading...

8 suku Indonesia yang paling dikenal oleh dunia

Loading...
Loading...
Wawker.com | Suku bangsa memiliki struktur sosial yang jelas dan tertata baik sejak dulu kala, khususnya di antara masyarakat Maluku, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, Kepulauan Timor dan Tanah Papua.

Dalam pengertian suku bangsa, Suku ialah unit sosial MADAT tertinggi, yang terdiri dari satu atau lebih marga. Setiap marga atau mataruma atau fam memiliki minimal satu keluarga .Dalam kasus unik, khususnya di antara bangsa Papua ada contoh di mana satu marga hanya terdiri dari satu keluarga atau satu Suku memiliki satu marga saja.


Berikut 8 Urutan Suku Indonesia yang dikenal dunia:

1.JAWA

Mengapa suku jawa?
Suku jawa adalah suku indonesia yang paling mendunia,karena suka jawa lebih banyak menganut agama Islam,dan Suku jawa ini dikenalkan kedunia oleh Steven Mormaint,Belanda. Dengan cara Membuat Kantor tentang Kayanya Alam-alam di Pulau Jawa.Selagi itu suku jawa ini dikenal dengan kebanyakan masa-masa Raja.

2.BATAK

Mengapa suku Batak?

Suku batak dikenal,dan dipamerkan kedunia yang ke-2 setelah suku jawa,suka batak dikenalkan oleh Calvin Arlodien,PRANCIS.Suku batak lebih dikenal karena,Kekayaan Budaya,kekayaan Sumber daya Alam,dan kekayaan sumber tanaman Obat-obatan.


3.MELAYU

Lah ini melayu kok ikut? sabar baca dulu ya.
Suku Melayu dijadikan Suku bahasa Wajib bagi bangsa Eropa untuk Menjajah Indonesia.Awalnya suku Melayu dari Indonesia.Tetapi Suku Melayu ini banyak berpindahan ke Kalimantan(MALAYSIA)Yang dulunya Malaysia ini Bersatu dengan indonesia pada sebelum masa Penjajahan.Akibat Malaysia pecah dengan Indonesia.

Negara Jepang memiliki Perjanjian dengan inggris.Bahwa inggris menjajah Malaysia,dan jepang memiliki Indonesia.Pada masa itu lah Suku melayu tersebar keseluruh Benua dari,Eropa,Asia,Afrika.

4.BETAWI

Mengapa?
Suku betawi dikenal dunia karena adat yang terlalu tebal,Memiliki rasa yang kuat untuk tidak menyerah.Suku betawi pada masa penjajahan Jepang,kolonial jepang mengadakan diJAKARTA Karate(JEPANG) VS Silat(INDONESIA).Akhirnya Silatpun Menang.Sejak itu Jepang mengenalkan suku betawi kedunia Asia Timur.

5.PAPUA

Mengapa papua?
Suku ini dikenal dunia karena Kekayaan Alamnya mendunia,dan kekayaan aneka ragam kebudayaannya yang Banyak.Suku papua memiliki campuran Ras seperti ras,Arab,afrika,Spanyol,dan India.

6.Suku Dayak

Suku dayak? keren

Dayak merupakan suku terbesar di pulau borneo termasuk Indonesia, Malaysia dan juga Brunei. Selain suku dayak terkenal dengan mistisnya, kebudayaan dayak yang terkenal lainnya adalah budaya tato. Tidak jarang banyak turis datang ke kalimantan hanya untuk melihat budaya tato yang bisa di katakan sebagai salah satu kebudayaan tato tertua yang ada di dunia saat ini. Selain itu juga ada budaya telinga panjang dan lain-lain


7. Suku Asmat

Kok suku asmat?

Tidak heran bahwa suku asmat merupakan salah satu suku yang memiliki cita rasa seni yang tinggi. Salah satu yang menjadikan suku ini begitu terkenal di dunia karena hasil-hasil seni yang mereka ciptakan dari kayu. Istilah Ukiran kayu yang sempurna pun tersemat pada suku asmat.

Selain itu suku Asmat juga memiliki pakaian tradisional yang khas. Seluruh bahan untuk membuat pakaian tersebut berasal dari alam. Tidak salah jika menganggap pakaian Suku Asmat merupakan representasi kedekatan mereka dengan alam raya.

Tidak hanya bahan, desain pakaian Suku Asmat pun terinspirasi dari alam. Pakaian laki-laki Suku Asmat, misalnya, yang dibuat menyerupai burung dan binatang lain yang dianggap melambangkan kejantanan. Sementara, rok dan penutup dada kaum perempuan menggunakan daun sagu sehingga menyerupai kecantikan burung kasuari. 


8. Suku Mentawai

Mentawai?

Suku Mentawai ditemukan di tahun 1621 oleh warga Belanda yang datang ke Indonesia. Awalnya, masyarakat ini adalah penduduk Nias. Mereka bermigrasi menuju Pulau ini dan akhirnya tinggal disana. Dari waktu ke waktu, kehidupan mereka terisolasi dari peradaban luar hingga berabad-abad lamanya.

Kehidupan alam yang disajian dalam Taman Nasional Siberut menjadi gambaran kehidupan Suku ini. Mereka tinggal di rumah panggung yang dibangun dari kayu. Satu rumah panggung biasanya dihuni beberapa kepala keluarga. Hidup bersama dalam satu atap.

Karena terisolasi dari peradaban, masyarakat ini masih menanamkan tradisi turun-temurun dari leluhur mereka. Dengan bahasa, budaya, dan adat istiadat tersendiri dan berpaham animisme. Pakaian mereka sendiri masih berbahan alami yakni dari kulit pohon sukun untuk laki-laki dan rok dari daun pisang untuk wanita. Ciri khas suku ini yakni dengan tato di sekujur tubuh.

Indonesia hebat ! berbagai jenis suku tetap satu !

0 Response to "8 suku Indonesia yang paling dikenal oleh dunia"

Loading...
.
============> [ Close ] =============