Loading...

Inilah mobil pertama buatan yang dibuat oleh Honda, uda tau belum?

Loading...
Semenjak pertama kali didirikan pada tahun 1946 silam, Honda Motor Corp. kini dikenal sebagai produsen otomotif terbesar, yang memproduksi sepeda motor, mobil, genset, hingga pesawat. Dulunya Honda lebih dikenal memproduksi sepeda motor, sebelum akhirnya sang pendiri, Soichiro Honda memutuskan untuk membuat mobil pada tahun 1963.


Mobil pertama yang pernah dibuat oleh Honda adalah kendaraan berupa pick-up mungil bernama Honda T360, dengan mengenakan lambang huruf "H" besar di bagian depan. Yang menarik, selama produksi Honda T360 dari 1963 hingga 1967, seluruh 108.920 unit T360 yang keluar dari pabrik Honda diberi laburan cat "May Blue".

Mesinnya diletakkan di bawah bangku dengan alasan agar semakin banyak ruangan yang dapat digunakan untuk mengangkut barang-barang.

Honda T360 ditenagai oleh mesin mungil AK250E 356 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 30 hp dan kecepatan maksimum 100 km/jam. Meski mesin tersebut terkesan lemah untuk ukuran era modern, dapur pacu tersebut sesungguhnya cukup superior ketimbang rival sejenis, seperti Subaru 360, yang hanya memiliki tenaga hanya separo dari kekuatan Honda T360.

Superioritas Honda T360 tersebut akibat mesin yang terinspirasi dari mesin sepeda motor, dan sebenarnya mesin tersebut bukan untuk Honda T360. Sesungguhnya, calon mobil pertama Honda adalah mobil sport bernama S360, namun hal tersebut dibatalkan karena ingin mengembangkan mesin yang lebih besar, sehingga titel mobil pertama Honda jatuh kepada T360. ( sumber : Otosia.com )
Loading...