Loading...

9 tempat kece di Yogyakarta yang gak boleh kamu lewati kalau lagi berlibur

Loading...
9 tempat kece di Yogyakarta yang gak boleh kamu lewati kalau lagi berlibur | Saat ini, tempat wisata bukan hanya sekedar tempat yang menawarkan hiburan untuk melepaskan beban pikiran saja, namun juga menawarkan spot-spot foto yang menarik, unik dan berkualitas. Dengan berkembangnya fitur kamera di berbagai smartphone sehingga membuat banyak orang menjadi fotografer mendadak dan memburu berbagai tempat wisata untuk dipotret.




Tidak melebihkan-lebihkan jika fenomena semacam ini dijadikan ajang kompetesi bersaing untuk menjepret foto liburan terbaik agar banyak yang menyukai foto mereka di media sosial. Efek positifnya adalah banyak sekali informasi baru mengenai tempat wisata di Indonesia yang masih belum diketahui dan sekaligus menjadi ajang promosi tempat wisata lokal daerah masing-masing.

Salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai tempat untuk mengunggah gambar-gambar terbaik adalah Instagram, hingga muncul istilah “Instagrammable” yang berarti bahwa foto tersebut merupakan foto apik, sangat bagus dan berkualitas yang sangat layak diunggah ke Instagram dan akan mendapatkan banyak likes.

Bila Anda orang Jogja atau sedang merencanakan liburan atau travel ke Jogja, berikut ada sembilan rekomendasi tempat wisata di Jogja yang paling hits di Instagram dan sangat layak menjadi spot instagrammable.


1. Taman Sari

Rekomendasi tempat wisata Jogja pertama yang menawarkan pemandangan dan spot foto apik adalah Taman Sari. Taman Sari ini dulunya digunakan sebagai kolam pemandian para raja dan juga keluarganya, oleh karena itu tata bangunan di tempat ini didesain sedemikian rupa hingga menciptakan sensasi unik saat berada disini. Sekarang, tempat ini telah berubah menjadi destinasi wisata Jogja yang banyak dikunjungi oleh traveler domestik dan mancanegara. Meskipun demikian masih tetap dapat terlihat gaya bangunan ala kerajaan Mataram Kuno dan kolam yang dahulu sering digunakan oleh raja dan keluarganya untuk mandi.

Di taman sari juga terdapat masjid bawah tanah yang dahulu dipergunakan sebagai tempat sholat keluarga kerajaan. Namun uniknya, bentuk masjid tersebut tidak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah di atas bangunannya. Justru spot tersebut hanya nampak seperti ruang bawah tanah kuno yang berbentuk bundar saja. Taman Sari berada di sebelah barat Keraton Ngayogyakarta, dan dapat dilihat melalui Google Maps. Tiket masuknya hanya Rp 4.000 saja per orangnya.


2. Museum De Arca


Jogja memiliki objek wisata menarik tentang sejarah seperti museum Madam Tussauds di luar negeri. Museum itu bernama Museum De Arca yang memiliki beragam jumlah tokoh nasional dan tokoh dunia yang dibuat dari lilin menyerupai aslinya. Mulai dari Mr. Bean, Michael Jackson, Mbah Marijan, Hingga presiden-presiden Indonesia semua ada di museum ini. Museum De Arca juga sangat sering dijadikan sebagai tujuan tempat wisata anak di Jogja. Lokasi Museum De Arca ini ada di kawasan XT Square, atau sekitar 15 menit dari pusat kota Jogja. Tiket masuk Museum De Arca adalah Rp 45.000 per orang, dan sudah termasuk akses menuju museum De Mata.


3. Museum De Mata


Masih berada di lokasi yang sama dengan museum De Arca, museum De Mata ini memiliki daya tarik serupa namun tak sama dengan Museum De Arca. Bila Museum De Arca menawarkan patung 3D para tokoh dunia, museum De Mata merupakan museum lukisan 3D yang memiliki efek ilusi yang menipu mata. Anda dapat berpose seperti sedang berada di reruntuhan bangunan atau sedang terjatuh dari bangunan tinggi, dan masih banyak lukisan 3D lainnya. Harga tiket masuknya sebesar Rp 45.000 dan sudah termasuk dengan akses menuju ke Museum De Arca. Jadi jika Anda ingin mencari spot foto unik dan apik, sempatkan untuk melihat dua tempat wisata di Jogja ini.


4. Makam Para Raja Di Kotagedhe


Tempat wisata di Jogja yang satu ini memang merupakan tempat dikuburkannya raja-raja kerajaan Mataram. Meskipun terdengar seperti makam, namun arsitektur bangunan di tempat ini mirip seperti pintu gerbang pura di Bali dan sangat klasik.

Selain itu, di dekat makam para raja tersebut terdapat sebuah spot foto populer di kalangan anak muda Jogja, yakni model pintu di bangunan Jawa kuno yang dikelilingi dengan tanaman rambat yang sangat indah dan klasik saat diabadikan dalam foto. Tidak ada biaya masuk alias gratis untuk dapat mengakses tempat ini, Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp 2.000-Rp 5.000 untuk biaya parkir kendaraan Anda.


5. Candi Prambanan

Rekomendasi tempat wisata di Jogja selanjutnya merupakan destinasi wisata sejarah yang telah terkenal hingga ke seluruh dunia, yakni Candi Prambanan berlokasi di perbatasan antara wilayah Jogja dengan wilayah Klaten. Meskipun berada di daerah perbatasan kota, namun akses menuju ke Candi penganut agama Hindu yang terkenal ini sangat mudah.

Dengan menggunakan transportasi umum TransJogja, wisatawan sudah dapat menuju ke kawasan Candi Prambanan. Selain bangunan candi yang berjumlah banyak, latar belakang alam yang indah dah asri juga menjadikan tempat ini populer di kalangan wisatawan dan layak untuk diabadikan dalam foto. Biaya masuk ke Candi Prambanan untuk wisatawan lokal adalah Rp 35.000 per orang.


6. Upside Down World Jogja

Satu lagi tempat wisata hits di Jogja yang letaknya masih dalam area perkotaan. Di Upside Down World ini Anda akan bisa berfoto dengan posisi seperti terbalik. Faktanya, semua properti yang ada di tempat tersebut ditata menempel di atap sehingga saat Anda berfoto seperti sedang berada di dunia yang terbalik.

Destinasi wisata Jogja yang satu ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat dan juga para wisatawan, sehingga bila Anda datang pada musim liburan, Anda perlu untuk mengantre, karena pengunjung harus masuk satu per satu dan tidak boleh bersamaan untuk menjaga properti yang ada di tempat tersebut. Biaya masuk untuk dewasa adalah Rp 80.000 sedangkan untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 120 cm adalah Rp 40.000. Upside Down World terletak di Jalan Ring Road Utara no.18, Sleman, Jogja.


7. Tebing Breksi Jogja

Berlokasi di Desa Prambanana Kecamatan Prambanan, Sleman, Jogja, tebing Breksi merupakan tempat wisata alam Jogja yang baru populer di kalangan pengguna media sosial. Pasalnya, tebing kapur ini diukir sedemikian rupa dengan pahatan unik seperti naga dan juga wayang, serta beberapa ukiran lainnya. Menurut sejarahnya, tebing breksi dulunya merupakan lokasi penambangan kapur, namun dihentikan oleh pemerintah karena batuan kapur yang ada merupakan peninggalan sejak masa purbakala. Saat ini banyak sekali tersedia paket wisata Jogja atau paket travel Jogja yang juga memasukkan tempat ini sebagai tempat tujuan liburan sehingga objek wisata ini selalu ramai dikunjungi terlebih saat liburan. Tidak ada biaya atau gratis untuk masuk ke kawasan tebing breksi, hanya biaya parkir saja yang berkisar mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 7.000.


8. Bukit TeletubbiesBukit Teletubbies

Rekomendasi tempat wisata di Jogja yang instagrammable selanjutnya adalah Bukit teletubies yang masih berada di kawasan Desa Wukirharjo, Kecamatan Prambanan. Bukit Teletubbies merupakan sebuah bukit dengan lahan yang berbentuk gundukan banyak layaknya mirip seperti setting film Teletubbies. Di bukit ini, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitarnya yang sangat hijau dan masih asri. Tidak ada harga tiket masuk yang ditentukan di bukit Teletubbies, namun para wisatawan dapat mengisi kotak amal yang tersedia untuk biaya perawatan. Selain itu ada banyak spot foto yang disediakan di bukit ini yang sudah didesain oleh pemerintah dan masyarakat sekitar.

9. Bukit Bintang

Meski lokasinya yang agak jauh dari pusat kota, Bukit Bintang merupakan rekomendasi terakhir bagi Anda yang ingin mencari TEMPAT WISATA DI JOGJA yang menawarkan spot foto apik dan instagrammable. Perjalanan ke tempat wisata ini cukup mudah untuk dilalui, yakni Anda hanya tinggal pergi ke Jalan Wonosari menuju ke arah Gunungkidul. Sebelum memasuki gerbang masuk Gunungkidul, ada banyak kedai yang berjajar dan tempat ini yang disebut sebagai bukit bintang. Hal tersebut karena di malam hari, Anda akan dapat melihat pemandangan perkotaan dari kejauhan, yang lampunya berkelap-kelip bagaikan bintang. Tidak ada biaya alias gratis untuk menikmati pemandangan tersebut, namun bila Anda menikmatinya dari kedai-kedai yang ada di pinggir bukit, tentu Anda harus membayar makanan yang Anda pesan, bukan? (jow)
jadiberita.com
Loading...