Loading...

Waspada modus penipuan berkedok Go-jek, adik Syahrini hampir jadi korban

Loading...
Makin canggih teknologi, bukan berarti kita tak perlu waspada. Justru akan ada banyak celah penipuan yang dapat merugikan masyarakat yang tak mawas diri. Beberapa waktu belakangan penipuan dengan modus meminta password Go-jek marak terjadi. Kejadian ini bukan hanya menimpa masyarakat biasa, namun juga adik dari artis Syahrini, yakni Aisyarani.



Dalam Instastory miliknya, Rani--sapaan akrabnya-- menceritakan bagaimana dia diiming-imingi hadiah Rp5 juta. Syaratnya harus memberikan password akun Go-jek miliknya.

"Dapat telepon dari nomor ini, dia bilang dia adalah dari Go-jek. Dan dia bilang saya dapat bonus Rp5 juta tapi saya harus kasih password Go-jek saya. Tapi suaranya kok kayak tukang tipu ya?"

"Dia bilang, "ibu coba password Go-jek nya dikasih ke saya. Ibu dapat Rp5 juta. Gue matiin telepon, eh dia telepon lagi. "Bu, sudah ketemu belum? Sebutin (passwordnya) ya bu". Terus gue bilang, handphone gue error jadi gak bisa. Eh, dimatiin. Jelaskan tukang tipu," beber Rani.

Rani melanjutkan, jika password diberikan kepada si penipu, selain saldo yang ada dalam akun Go-jek kita bisa habis ditarik, mereka juga akan meminta kita top up ke rekening milik komplotan mereka.

Bagaimana agar tidak tertipu dengan modus baru ini?

Pertama, penipu yang mengaku dari Go-jek akan menghubungi calon korban dengan nomor handphone pribadi, bukan nomor kantor atau call center resmi Go-jek. Jadi jangan pernah terkecoh.

Kemudian yang berikutnya, penipu akan terus mendesak calon korban menyebutkan password dengan berbagai macam alasan. Jangan pernah sekalipun menyebutkannya, segera sudahi pembicaraan dengan orang tersebut.
sumber
Loading...