Loading...

Kesel kutu rambut menular dari yang lain? begini cara menguranginya

Loading...
Kutu rambut adalah serangga yang berukuran kecil yang biasanya hidup di rambut manusia. Dikutip dari BOBO.GRID.ID, kutu ini hidup dengan mengisap darah yang diambil dari kulit kepala. Ukuran kutu rambut bermacam-macam, ada yang sebesar kepala peniti dan ada juga yang sebesar biji wijen.



Masa Hidup Kutu Rambut
Telur kutu menetas sekitar 8-9 hari. Kutu rambut hanya membutuhkan 9-12 hari untuk tumbuh dewasa. Saat dewasa, kutu hanya dapat hidup selama empat minggu dan kemudian mati.


Tanda-tanda Terkena Kutu Rambut
Seseorang biasanya tahu bahwa dia terkena kutu rambut saat merasakan gatal-gatal di kulit kelapa, seakan-akan ada yang sedang merayap. Keadaan ini membuat penderitanya sering menggaruk kepala. Tanda lainnya adalah ruam-ruam muncul di leher bagian belakang.


Penularan Kutu Rambut
Kutu rambut hanya ada di kepala manusia dan hanya bisa tertular antara manusia. Kutu ini tidak bisa ditularkan melalui hewan atau pun sebaliknya. Ada dua cara penularan kutu rambut, yaitu secara kontak langsung dan kontak tidak langsung.


Penularan Secara Langsung
Kontak langsung maksudnya penularan yang terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita. Kutu tersebut dapat merayap dan berpindah tempat melalui rambut. Kutu rambut tidak bisa terbang atau pun melompat dari satu rambut ke rambut lainnya jika tidak bersentuhan.


Penularan Secara Tidak Langsung
Sedangkan kontak tidak langsung adalah penularan yang terjadi melalui perantara benda yang digunakan bersama. Misalnya melalui sisir, helm, topi, handuk, seprai, dan benda-benda lainnya. Seseorang terkena kutu rambut bukan berarti rambutnya tidak bersih, ya. Kutu rambut berpindah ke mana pun dia mau. Baik ke rambut yang bersih atau pun tidak.

Cara pengobatan
Dikutip dari Alo Dokter, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kutu rambut. Pertama dengan cara konvensional menggunakan sisir serit. Sebaiknya sisir rambut anda empat hari sekali menggunakan sisir serit dengan kerapatan sekitar 0,2mm.

Basahi rambut terlebih dahulu sebelum menyisir, hal ini dilakukan untuk memperlambat gerakan kutu. Cara kedua dengan menggunakan obat penghilang kutu. Banyak obat yang bisa digunakan, salah satunya dengan menggunakan larutan 
cyclomethicone dan isopropil miristat.

Oleskan pada rambut kemudian diamkan selama 10 menit.
Adapula gel semprot dimeticone 4% atau dimethicone semprot dan minyak mineral dan lotion dimethicone 4%.

Pengobatan dengan cara ini biasa dilakukan sebanyak dua kali dengan jeda selama sepekan. Itu dilakukan untuk memastikan kutu rambut yang baru menetas juga sudah ikut terbunuh. Setelah itu, pastikan kembali tidak ada kutu maupun telur kutu rambut yang tersisa dengan menggunakan sisir serit kembali.


Pakai Obat Kumur
Salah satu yang termurah, perawatan di rumah namun yang paling efektif akan penggunaan barang-barang rumah tangga seperti cuka dan obat kumur. Bagaimana Anda melakukannya? Lihatlah langkah-langkah sederhana di bawah ini-dan mengucapkan selamat tinggal kepada kutu kepala selamanya!



Inilah yang akan Anda butuhkan:
Listerine obat kumur (Anda dapat menggunakan merek lain).
sisir kutu.
Cuka putih.
Beberapa handuk.
cup mandi atau kantong plastik.
Bagaimana cara melakukannya?

Pertama, mencuci kepala anak Anda dengan obat kumur sampai benar-benar basah.
Bungkus rambut dengan kantong plastik atau menutupinya dengan topi mandi.
Tinggalkan obat kumur selama setidaknya satu jam dan hati-hati menghapus tutup.
Mencuci rambut anak Anda dengan cuka dan menutupinya lagi dengan topi selama satu jam tambahan.

Kemudian, menghapus tutup dan mencuci rambut anak Anda dengan sampo biasa.
Pada akhirnya menyisir rambut Anda dengan sisir kutu dan hanya itu!
Caranya adalah dalam bau kuat Listerine yang akan menjauhkan mereka karena mereka tidak tahan dengan bau peppermint.

Anda bahkan dapat menuangkan Listerine dalam botol semprot kecil dan semprot rambut anak Anda sebelum pergi ke sekolah sebagai ukuran pencegahan.

Ini adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada kutu shampoo yang tersedia secara komersial karena mereka biasanya penuh dengan bahan kimia beracun yang dapat melakukan banyak kerusakan kulit kepala anak Anda. ( tribunnews.com )
Loading...