Loading...

Warga Kalimantan Selatan geger ada mayat menangis didalam kubur

Loading...
Mayarakat Indonesia memang masih sangat percaya dengan cerita-ceritas mistis yang dibalut dalam segel tradisi bahkan campuran agama. Padahal, tidak selamanya kejadian tersebut benar-benar nyata.


Contohnya saja broadcast tentang mayat yang hidup kembali setelah dikubur selama 4 hari. Bahkan agar makin meyakinkan, cerita ini pun dibumbui dengan video dan narasi pendek penguat cerita. Memang seperti apa sih faktanya?

Dilansir dalam detik.com, dalam broadcast tersebut diinfokan juga jika kejadian ajaib ini terjadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Seseorang yang telah meninggal dan sudah dimakamkan selama 4 hari menangis di dalam kubur. Warga sekitar yang mendengar tangisan itu pun penasaran. Dan akhirnya memberitahukan kepada pihak keluarga.

Kemudian makam itu dibongkar lagi. Kejadian luar biasa terjadi. Ternyata orang itu hidup kembali...!!! Allah menunjukkan kekuasaan-Nya bahwa tidak ada yang tidak mungkin apa bila Allah sudah berkehendak.

Subhanallah. Subhanallah. Subhanallah..." Demikian Penggalan isi broadcast tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan, AKBP Mochamad Rifai, menyebut jika video dan broadcast tersebut merupakan HOAX dan sudah beredar sejak tahun lalu. Lebih lanjut lagi, Rifai memastikan jika diwilayahnya tidak terdapat kejadian seperti yang disebutkan dalam broadcast.

"Video yang sama pernah beredar setahun lalu dan hoax. Tidak ada kejadian tersebut di wilayah Kalsel," kata Rifai.


Hoax Lama Yang Didaur Ulang
Sementara menurut sumber dream.com, sebuah artikel yang ditulis pada Senin, 9 Oktober 2017 silam (Sumber : https://www.dream.co.id/news/warga-gempar-beredar-video-mayat-hidup-lagi-di-banjarmasin-1710097.html), menyebutkan jika video dan cerita yang sama sudah beredar sejak tahun 2010 silam. Dan ketika itu, yang dibongkar merupakan kuburan milik seorang warga Banjarmasin yang bernama Yadi.
Note : coba deh googling, berita yang sama memang sudah beredar sejak tahun 2010, dan booming di tahun 2013, hingga akhirnya dibangkitkan kembali di akhir 2017 dan awal 2018.

Ketika itu, kuburan Yadi dibongkar karena pihak keluarga meyakini jika almarhum masih hidup. Pangkal keyakinan (Yadi masih hidup) ini bermuara karena Istri Yadi mengalami kesurupan dan terus menyebut suaminya masih hidup (dikubur hidup-hidup).

Untuk memastikan dugaan ini, mereka pun kemudian menggali kembali makan Yadi. Memang, pasca dibongkar dan dibuka kain kafannya, Yadi menunjukan tanda kehidupan seperti kulitnya yang berkeringat dan tubuhnya masih terasa hangat.

Setelah itu, warga Kelurahan Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan, ini pun dibawa ke rumah sakit Rumah Sakit Banjarbaru untuk diperiksa, dan tim medis memastikan jika Yadi sudah meninggal.

Lagi-lagi, pihak keluarga nggak percaya begitu saja. Mereka pun menunggu selama beberapa jam, hingga akhirnya mereka menyerah dan kembali menguburkan Yadi.

Perlu diluruskan juga, kabar yang menyebut mayat sudah dikubur selama 4 hari merupakan HOAX. Faktanya, mayat yang ada dalam video tersebut baru dikubur selama 8 jam, sebelum akhirnya dibongkar kembali.

So, kalau ada kabar kayak gini, mendingan jangan langsung percaya Gaes, apalagi ikut-ikutan share. Pikirin dong perasaan keluarga yang ditinggalkan. Mereka sudah sangat tertekan dengan kematian orang yang dicintainya. So, Plisss.... jangan nambah beban mereka lagi!! ( keepo.me )
Loading...