Loading...

Inilah 7 perusahaan "pencetak uang" yang buat Sandiago Uno kaya raya

Loading...
Setelah memenangkan Pilkada kemarin, Sandiaga Uno akan menjadi Wakil Gubernur Jakarta untuk mendampingi Anies Baswedan. Tidak hanya sukses di bidang politik, Sandiaga juga sangat sukses di bidang bisnis. Beliau merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Ketika melaporkan kekayaannya untuk keperluan Pilkada lalu, total kekayaan Sandiaga Uno tercatat sebesar 3,8 Trilliun Rupiah. Sebenarnya, dari mana saja asal kekayaan dari Sandiaga? Meskipun terkenal dengan Saratoga-nya, ternyata perusahaan Sandiaga Uno ada banyak sekali. Berikut adalah daftar perusahaan Sandiaga Uno yang paling terkenal di mata publik.



PT Saratoga Investama Sedaya Tbk
Saratoga tidak bisa lepas dari nama Sandiaga Uno. Pada tahun 2016 saja, perusahaan milik Sandiaga Uno ini menyumbangkan dividend sebesar 401 milliar ke pemegang saham. Sandiaga sendiri mempunyai 27,7% saham. Saratoga menjadi perusahaan holding untuk berinvestasi ke perusahaan-perusahaan besar milik mereka lainnya. Saratoga juga dimiliki oleh Edwin Soeryadjaya dan Michael Soeryadjaya, dua anak William Soeryadjaya, pendiri Astra sekaligus guru Sandiaga Uno ketika masih muda.


PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk
Perusahaan ini bergerak di bidang otomotif. Mitra Pinasthika Mustika bisa mempunyai penjualan tahunan hingga 16,1 trilliun dengan keuntungan mencapai 487 milliar rupiah. Kalau kamu pernah membeli motor/mobil, lalu menyicilnya menggunakan MPM finance, nah ini adalah induk perusahaannya. MPM sangat dekat dengan rakyat kecil di Indonesia mengingat bisnis financing kendaraan bermotor mereka sangat besar dan banyak digunakan oleh masyarakat.


PT Provident Agro Tbk
Daftar perusahaan Sandiaga Uno adalah PT Provident Agro Tbk. Dalam pasar modal, mereka terkenal dengan kode PALM, mirip dengan salah satu yang mereka jual, palm oil. PALM memang menjadi salah satu penguasa pasar kelapa sawit di Indonesia. Di tahun 2014, keuntungan bersih mereka mencapai 168 milliar hanya dalam 4 bulan. Mengingat pasar sawit yang masih berada di tren positif, serta usia rata-rata perkebunan milik Provident adalah 7 tahun yang merupakan masa produktif kebun sawit, perusahaan ini diperkirakan akan terus tumbuh dan menjadi besar.



PT Adaro Energy Tbk
PT Adaro Energy Tbk adalah salah satu perusahaan Sandiaga Uno yang paling terkenal. Pada tahun 2014, Adaro Energy berhasil memproduksi 56,2 juta ton batu bara, dengan penjualan 3,3 milliar dollar dan keuntungan mencapai 183,5 juta dollar. Jumlah keuntungannya saja kalau dirupiahkan mencapai 2 trilliun rupiah. Meskipun pasar batu bara sedang tidak menentu, produksi Adaro Energy yang besar membuat prospek mereka masih sangat besar. Bahkan, Adaro ini merupakan salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia. Di Adaro Energy, Sandiaga Uno merupakan salah satu direktur, sedangkan saham terbesarnya dipegang oleh salah satu orang terkaya di Indonesia juga, Garibaldi Thahir. Selain Sandiaga Uno dan Garibaldi Thahir, ada nama yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia juga, Teddy Rahmat.


PT Medco Power Indonesia
Perusahaan milik Sandiaga Uno berikutnya yang terkenal adalah PT Medco Power Indonesia (MPI). Medco berusaha menciptakan pembangkit listrik dengan new energy menggunakan panas bumi. Untuk membuat pembangkit listrik ini, Medco telah berhasil mendapatkan pendanaan sebesar 1,17 milliar dollar atau setara dengan sekitar 14 trilliun rupiah. Medco Power Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang diinvestasi oleh Saratoga dan Medco Energy, salah satu perusahaan energy terbesar di Asia.


PT Tower Bersama Infrastructure Tbk
Perusahaan Sandiaga Uno berikutnya yang mencatatkan pertumbuhan sangat pesat adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. Pertumbuhan Tower Bersama bisa mencapai 20an persen tiap tahunnya. Tercatat penghasilan mereka di tahun 2014 mencapai 2,7 trilliun. Perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi. Meskipun jarang terdengar, peran Tower Bersama dalam membangun Indonesia sangatlah besar. Mereka merupakan salah satu perusahaan pembangun menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. Tanpa menara-menara yang mereka bangun, perusahaan provider telco tidak bisa maksimal dalam memberikan pelayanan.


PT Lintas Marga Sedaya
Penasaran siapa yang membuat jalan tol Cikampek ke Palimanan? PT Lintas Marga Sedaya inilah yang mengerjakannya. Perusahaan ini krusial dalam mendukung langkah Saratoga untuk menguasai industri infrastruktur. Menariknya, dikutip dari Detik, pembangunan tol Cikampek ke Palimanan ini dilandasi oleh keinginan personal juga dari Sandiaga Uno. Ibunda dari Sandiaga berasal dari Indramayu sedangkan Edwin Soeryadjaya yang merupakan partner utamanya juga berasal dari Majalengka. Sandiaga merasa pembangunan infrastruktur tol ini merupakan hadiah untuk orang tuanya dan orang tua dari Edwin Soeryadjaya.

Selain perusahaan-perusahaan yang disebutkan di atas, sebenarnya perusahaan Sandiaga Uno masih banyak lagi. Semoga beliau bisa menyeimbangkan karir politik dan bisnisnya dengan baik di masa depan Sobat Studentpreneur. Bagaimana pendapat kamu? Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.  ( sumber )

0 Response to "Inilah 7 perusahaan "pencetak uang" yang buat Sandiago Uno kaya raya"

Loading...