Loading...

GAK NGIRA-NGIRA GAJINYA !! sebanyak inilah gaji perbulan Luis Milla untuk latih timnas Indonesia

Loading...
Gaji pelatih Timnas Indonesia Luis Milla tergolong tinggi, setidaknya jika dibandingkan dengan pelatih sepak bola kawasan Afrika, yang merupakan negara raksasa sepak bola. Tengok saja bayaran yang diterima Pelatih Timnas Senegal Aliou Cisse dan Nabil Maaloul, pelatih Tunisia.



Cisse per bulannya rata-rata digaji Federasi Sepak Bola Senegal (FSF) di angka EUR 13.300 (Rp 221,6 juta). Begitu pun Maaloul yang per bulannya hanya digaji EUR 23 ribu (Rp 383,3 juta) oleh Tunisia.

Jauh lebih murah ketimbang uang yang dirogoh PSSI untuk membayar gaji per bulan Luis Milla di angka Rp 600 juta.

Dilansir African Football, negara-negara yang finansialnya lemah lebih memilih mencari cara aman. Yakni, merekrut pelatih lokal. Meski, perbandingannya terkadang tidak masuk akal. Rata-rata bisa lebih dari dua kali lipat murahnya.

Selain murah, pelatih-pelatih lokal Afrika tak mendapat tunjangan mobil, rumah, dan tiket pesawat pulang ke negaranya.

''Bahkan, sebelum ada kenaikan setelah lolos ke Piala Dunia, gajinya (Maaloul) hanya di angka EUR 11800 (Rp 196,6 juta) per bulan, sungguh tak bisa dipercaya,'' begitulah pengakuan dari seorang juru bicara WK Sports Management yang membawahi Maaloul. Gajinya baru naik per 25 Maret lalu.

Cisse dan Maaloul hanya sebagian dari contoh pelatih yang sukses mengantar negaranya lolos ke Piala Dunia 2018 meski dibayar murah. Di Afrika rata-rata pelatih lokal juga mendapat bayaran kurang layak.

Ingat Stephen Keshi? Pelatih yang sukses membawa Nigeria lolos dalam Piala Dunia 2014 itu gaji per bulannya hanya EUR 26 ribu (Rp 433,3 juta).

0 Response to "GAK NGIRA-NGIRA GAJINYA !! sebanyak inilah gaji perbulan Luis Milla untuk latih timnas Indonesia"

Loading...